Kamis, 04 Desember 2008

Ganesha Pirates Juara di Kontes Game Development ITBDMF 2008

Iseng-iseng berhadiah, itu lah kata tepat yang bisa menggambarkan keikutsertaan Ganesha Pirates di ajang ITBDMF 2008 yang berlangsung pada 2 – 3 Desember 2008 di Aula Barat ITB. Awalnya, tidak ada target apa pun dari saya dan teman-teman (halah... :D) sebagai pengembang ketika mengikuti ajang ITBDMF ini. “Hanya iseng-iseng aja”, mengutip kata Gery, manager NighClub Coders, ketika dia mengungkapkan keinginan Ganesha Pirates untuk diikutsertakan di ajang ITBDMF ini. Bahkan, awalnya, karena merasa Ganesha Pirates belum mumpuni benar untuk mengikuti kontes game development, maka diputuskan untuk mengikuti kontes game design saja (eh, malah dapatnya di game development). Maklum, Ganesha Pirates ini hanya tugas mata kuliah OOP yang belum final benar, bahkan kalau dihitung-hitung, sepertinya waktu pengerjaannya tidak sampai 2 minggu.

Bagi yang belum tahu, game Ganesha Pirates merupakan karya NightClub Coders sebagai tugas mata kuliah OOP. Di ajang ITBDMF, Ganesha Pirates diikutsertakan di kontes game design dan game development. Ganesha Pirates dibuat dengan bahasa Java dan dengan game engine-nya bapak Philip Hanna. Karena dibuatnya di atas Java, game ini multiplatform (ini keunggulannya). Ganesha Pirates menceritakan tentang sebuah pertempuran di lautan Ganesha antar beberapa kapal (kapal diibaratkan beberapa himpunan di ITB) untuk memperebutkan harta karun. Untuk dapat survive dan mendapatkan harta karun, satu kapal harus menghancurkan kapal yang lain, dan yang tersisa itu lah yang dapat melanjutkan pencarian harta karunnya. Game ini dapat dimainkan 2 sampai 4 orang dengan cara bergantian. Teknisanya, setiap kapal diberi waktu untuk menghancurkan kapal lainnya, dengan syarat kapal yang akan diserang harus berada di daerah yang bisa dijangkau senjatanya. Kalau terlalu jauh, kapal harus mendekat ke kapal lawan terlebih dahulu. Dan bagi kapal lawan yang terkena serangan lawan, daya tahannya akan berkurang. Jika itu berlangsung terus-menerus, kapal tersebut bisa karam.

Untuk rencana kedepannya, game ini ingin dikembangkan dengan XNA. Fitur-fitur game juga akan ditambah, seperti setiap kapal dibekali dengan uang, jadi setiap kapal bisa membeli senjata baru. Tentu saja, senjatanya pun akan dibuat beragam, dan tiap-tiap senjata memiliki daya hancur berbeda. Selain itu, rencanya game ini juga dapat digunakan dalam beberapa komputer dengan jaringan LAN.

NightClub Coders sendiri terdiri dari Garybaldi Mukti, Inas Luthfi, Doddy Dharma, Fakhri “Fabul”, Tommy Santoso, Teddy Pandu, dan saya. Saya sendiri di Ganesha Pirates ini terlibat dalam modul save – load game state (hehe :D).

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Halah,halah...di-posting juga berita ini :P Ayo maju terus Ganesha Pirates! Gw dukung banget deh kalo mo dikembangin...